Resistensi Guru

Dunia pendidikan di Indonesia saat ini terus berubah dengan cepat mengikuti dinamika perkembangan dunia. Tak dapat dielakkan bahwa sebagai guru kita juga mau tidak mau, suka tidak suka, harus dapat mengikuti dinamika perkembangan dunia pendidikan.

Salah satu bagian yang tidak dapat dielakkan adalah penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam dunia kependidikan. Padahal, jika dimanfaatkan dengan baik, teknologi informasi dapat kita gunakan untuk menunjang pembelajaran yang kita laksanaan di kelas-kelas. Salah satu hal yang paling sederhana adalah penggunaan komputer untuk membantu pekerjaan kita sehai-hari. Tentu saja tidak terbatas hanya pada urusan (download) RPP dan silabus saja. Ada lebih banyak manfaat yang mungkin belum kita manfaatkan.

Yang menjadi pertanyaan adalah; siapkah kita mengikuti perubaan yang demikian dinamis di dunia teknologi informasi? Hal ini menjadi pertanyaan besar mengingat masih banyak di antara kita para guru yang menjadi resisten terhadap perubahan-perubahan yang sedemikian rupa dengan berbagai alasan sebagai excuse atas keengganan kita mengikuti perubahan.

So, let’s check out ourselves! Adakah kita termasuk ke dalam golongan yang resisten terhadap perubahan-perubahan untuk kemajuan? Ataukah kita menjadi alergi terhadap dinamika dunia kita? Ayolah para guru, jadilah guru yang dinamis, bukan guru yang terlena dengan kemapanan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s